Mengenal Tentang Google Meet - Aplikasi Video Conference Gratis

Dendy
By -
0

Google Meet adalah aplikasi video conference gratis yang dapat digunakan melalui browser dan aplikasi smartphone. Aplikasi yang sebelumnya bernama Hangouts ini menawarkan fitur gratis yang lebih menarik dibanding aplikasi lainnya dengan batas waktu meeting dengan maksimum 100 peserta selama 60 menit.

Tentunya ada beberapa paket dan harga untuk kamu yang membutuhkan kapasitas dan durasi meeting yang lebih lama. Rincian harga dan paket dari Gmeet adalah sebagai berikut:

  1. Gratis: Semua pengguna Google dapat menggunakan layanan Google Meet secara gratis dengan batas waktu meeting 60 menit dengan hingga 100 peserta.
  2. Google Workplace Essentials ($8 per pengguna per bulan): Menambahkan durasi meeting hingga 300 jam dengan batas 150 peserta. Paket ini menyediakan fitur simpan rekaman meeting otomatis ke Google Drive yang sudah di-upgrade ke 100GB dengan dukungan layanan pelanggan 24 jam.
  3. Google Workplace Enterprise (harga khusus per perusahaan): Menambahkan durasi meeting hingga 300 jam dengan batas 250 peserta. Selain menambahkan kapasitas Google Drive menjadi unlimited, paket ini juga mendukung live streaming ke 100.000 penonton dan berbagai fitur keamanan data lainnya lengkap dengan dukungan layanan pelanggan 24 jam.

Penggantian nama dilakukan oleh Google secara terselubung pada bulan Maret 2017. Pada awalnya, Google Meet ditargetkan sebagai Hangout versi bisnis, dan lebih cocok untuk penggunaan dalam sebuah perusahaan. Tapi sekarang Google Meet dapat diakses oleh semua pengguna Google, dan jumlah pengguna tiap harinya terus meningkat.

Cara menggunakan Google Meet di PC atau laptop sangat mudah, karena kamu dapat menggunakan browser yang sudah terpasang seperti Google Chrome, Microsoft Edge, Opera, Firefox, Safari dan sebagainya. Berikut cara memakai Google Meet di browser PC atau laptop:


Buka halaman Google Meet : https://meet.google.com/

Untuk menggunakannya, pertama-tama kamu tentu harus membuka Google Meet pada web browser-mu.


Login ke akun Google

Langkah selanjutnya, login ke akun Google yang kamu miliki. Pastikan alamat email dan password-nya sudah benar ya!


Pilih New Meeting untuk memulai video conference baru

Setelah berhasil login, kamu sudah bisa menggunakan Google Meet. Klik ‘New Meeting’ untuk memulai video conference baru.


Masukkan link / kode meeting untuk bergabung ke video conference yang sudah ada

Atau jika kamu ingin bergabung ke video conference yang sudah ada, tinggal masukkan link atau kode meeting pada kolom yang tersedia. Setelah itu klik ‘Join’.


Lakukan pengaturan kamera dan mikrofon

Jangan lupa lakukan pengaturan pada kamera dan mikrofon. Klik pada tombol pengaturan pada bagian bawah layar video conference.

Selesai! ^_^

Catatan: Pada saat kamu memulai meeting baru, kamu akan mendapatkan pilihan untuk meeting instan, terjadwal, atau mendapatkan link undangan meeting untuk dibagikan ke rekan meeting.


Cara mengundang Teman anda

Ketika anda mengundang teman anda untuk bergabung bisa menggunakan cara undang melaluai alamat Email atau juga melalui Link yang dibagikan kepada teman anda.


Selain cara menggunakan Google Meet di laptop dan PC yang sangat mudah dan praktis, kamu juga dapat menggunakan berbagai fitur yang pada umumnya ditemukan di aplikasi yang perlu kamu download terlebih dahulu. Fitur-fitur di Google Meet browser ini meliputi:

  • Background virtual
  • Chat di dalam meeting
  • Presentasi atau screen sharing
  • Transkrip atau caption
  • Whiteboard Dengan Google Jamboard

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)